MASIGNALPHAS2101
6680671983845063762

Cara Mudah Menampilkan Karakter di LCD 16 x 2 dengan Arduino

Cara Mudah Menampilkan Karakter di LCD 16 x 2 dengan Arduino
Add Comments
12/28/2018
Liquid Cristal Display (LCD) adalah sebuah display dot matrix yang difungsikan untuk menampilkan tulisan berupa angka atau huruf sesuai dengan yang diinginkan (sesuai dengan program yang digunakan untuk mengontrolnya)”.
Komponen
  1. 16X2 LCD
  2. Arduino Uno
  3. Headers to solder to the LCD
  4. 10K potentiometer
  5. 220 ohm resistor
  6. Connecting wires
Koneksi Pin
  1. VSS: Pin Ground.
  2. VDD: Pin 5V.
  3. V0: Untuk mengontrol kecerahan/kontras
  4. RS (Register Select Pin): Pin untuk mengontrol memori yang digunakan
  5. R/W (Read/Write Pin): Pin yang digunakan untuk menulis atau membaca
  6. E (Enable Pin): Pin yang digunakan untuk mpenulisan register
  7. Data Pins: Ada 8 pin yang digunakan untuk data digital yaitu pin D0 s/d D7,pada umumnya LCD memiliki 16 pin, jika menemukan LCD dengan 14 pin bearti LCD tidak memiliki cahaya
  8. A (LED+): Pin ini adalah koneksi positif lampu belakang.
  9. K (LED-): Pin ini adalah koneksi negativ lampu belakang.
Pin Conections
Diagram
Rangkailah semua komponen seperti gambar berikut:
Schematic
Pin

16X2 LCD Arduino Uno
VSS GND
VDD 5V
V0 10K potentiometer
RS Pin 7
R/W GND
E Pin 6
D4 Pin 5
D5 Pin 4
D6 Pin 3
D7 Pin 2
A 5V Melalui resistor 220 ohm
K GND
Sebelum memasukkan program ke arduino, kamu harus memasukkan library LCD yang bisa di download disini.

Setelah didownload, ekstrak file kemudian paste kan file di C:\Program Files (x86)\Arduino\lib.

#include //Initializing the library for LCD
LiquidCrystal lcd(7,6,5,4,3,2); //Initializing the pins where we have connected the LCD
void setup() //Anything written in it will only run once {
lcd.setCursor(0, 0);// set the cursor to column 0, line1
lcd.begin(16, 2); //Initializing the interface on the LCD screen lcd.print(" Welcome to ");//print name
void loop() //Anything written in it will run again and again
lcd.setCursor(0, 1); // set the cursor to column 0, line 2 lcd.print(" Arduino World ");//print name } {
}
Penjelasan
Pertama kita harus memasukan LiquidCrystal yang terdapat pada library bawaan. Perintah Lcd.begin (16,2) akan menginisialisasi antarmuka LCD dan juga akan menginisialisasi dimensi LCD yaitu 16X2 atau 16 × 4.
#include //Initializing the library for LCD
LiquidCrystal lcd(7,6,5,4,3,2); //Initializing the pins where we have connected the LCD
void setup() //Anything written in it will only run once {
lcd.begin(16, 2); //Initializing the interface on the LCD screen
Perintah lcd.setCursor () digunakan untuk mengatur kursor pada kolom 0, baris 1 atau kolom 0 baris 2 tergantung pada dimensi apa yang diberikan.



lcd.print ("") akan mencetak apa pun yang ada di dalam tanda kurung pada layar LCD.

lcd.setCursor(0, 0);// set the cursor to column 0, line1
lcd.print(" Welcome to ");//print name
lcd.setCursor(0, 1); // set the cursor to column 0, line 2
lcd.print(" Amg36.net ");//print name


Scroling Text

Dalam kode ini, data yang ditulis pada LCD akan terus bergeser ke sisi kiri. Semua fungsi mirip dengan kode sebelumnya kecuali fungsi lcd.scrollDisplayLeft (). Ini akan terus menggeser data di sisi kiri LCD.
#include //Initializing the library for LCD
LiquidCrystal lcd(7,6,5,4,3,2); //Initializing the pins where we have connected the LCD
void setup() //Anything written in it will only run once
{
lcd.begin(16, 2); //Initializing the interface on the LCD screen
}
void loop() //Anything written in it will run again and again
{ lcd.setCursor(0, 0); // set the cursor to column 0, line1
lcd.setCursor(0, 1); // set the cursor to column 0, line 2
lcd.print("Welcome to "); //print name lcd.print("Electronicshobbyists.com "); //print name
}
delay(750); //delay of 0.75sec
lcd.scrollDisplayLeft(); //shifting data on LCD
Sources Code Counter

#include //Initializing the library for LCD
LiquidCrystal lcd(7,6,5,4,3,2); //Initializing the pins where we have connected the LCD
int c=0; void setup() //Anything written in it will only run once {
lcd.setCursor(0,0); //Set cursor at column 0, line 1
lcd.begin(16, 2); //Initializing the interface on the LCD screen lcd.print("LCD COUNTER"); delay(100);
while(c
lcd.setCursor(0,1); //Set cursor at column 0, line 2
lcd.print(c); // Printing the count on LCD screen.
<60 again="" and="" c="" code="" count="" delay="" in="" it="" last="" lcd.print="" lcd.setcursor="" loop="" nything="" rinting="" run="" the="" void="" will="" written="">

Hestech Indonesia

Innovasi di bidang Teknologi, Listrik, Teknik Komputer dan gaya Hidup. Info lainnya tentang praktik konservasi berbasis Sains, inovasi, dan kearifan lokal